Setumpuk Emas atau Setumpuk Lumpur?


SETUMPUK EMAS ATAU SETUMPUK LUMPUR?

Kalau ada petugas kebersihan yang namanya paling dikenal orang di seluruh dunia, mungkin orang itu adalah Albert Edward yang berasal dari London.

Albert bekerja di sebuah gedung selama bertahun-tahun. Hingga suatu hari, pimpinan gedung itu baru mengetahui bahwa ia buta huruf. Meskipun kerjanya memuaskan, namun sang pimpinan ingin mematuhi peraturan yang mewajibkan seluruh karyawan bisa membaca dan menulis.

Albert lalu diberi waktu tiga bulan untuk belajar membaca dan menulis. Sayangnya, ia sudah berusia paruh baya dan tidak sanggup lagi memenuhi persyaratan itu meski sudah berusaha. Maka dengan berat hati, sang pimpinan memberhentikannya.

Jadilah Albert bingung harus bekerja apa lagi. Seluruh gedung perkantoran di London tidak ada yang mau menerima petugas kebersihan yang buta huruf. Akhirnya ia memutuskan untuk berjualan tembakau dan koran.

Tanpa diduga, seiring perjalanan tahun, usaha Albert berkembang dengan baik. Tokonya kini memiliki sepuluh cabang yang berhasil.

Suatu hari seorang manager bank yang kenal cukup lama dengannya terkejut demi mengetahui bahwa ia adalah seorang pengusaha yang buta huruf. Ia pun memuji Albert,

"Dalam keadaan buta huruf saja engkau bisa sukses seperti ini, apa jadinya jika engkau bisa membaca dan menulis?"

"Kalau aku bisa membaca dan menulis? Mungkin aku masih menjadi petugas kebersihan hingga hari ini!"

Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak perlu menuntut diri kita untuk menjadi seratus persen sempurna. Albert Edward mungkin buta huruf, tetapi ternyata ia cakap dalam mengelola usaha.

Kita mungkin punya kekurangan, tapi percayalah kita juga pasti memiliki kelebihan. Hanya belum maksimal saja dalam mengasah kelebihan tersebut.

Tidak perlu membandingkan diri kita dengan orang lain, setiap orang memiliki keunggulannya masing-masing. Percayalah kepada diri kita sendiri. Sebagaimana tersebut dalam kitab Al-Hikam,

الثقة بالنفس تجعل من العصفور صقر ، ومن الوردة حديقة ،ومن الحلم حقيقة 
"Percaya kepada diri sendiri, akan membuat seekor burung menjadi elang yang pemberani, setangkai mawar menjadi taman yang indah, dan serajut mimpi menjadi kenyataan."

Setiap manusia diberikan Allah kelebihan yang spesial antara satu dengan lainnya. Setumpuk emas dibanding dengan setumpuk lumpur, manakah yang lebih berguna?

Mungkin kita menjawab emas. Padahal bagi bibit tanaman? Mana yang lebih berharga?

Jangan pernah remehkan diri kita sendiri!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.